HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN KECEMASAN TENTANG HUBUNGAN SEKS SELAMA KEHAMILAN PADA SUAMI DI KLINIK AMINAH AMIN SAMARINDA TAHUN 2018

  • Fitriana Fitriana AKADEMI KEBIDANAN BUNGA HUSADA
  • Rahmawati Rahmawati AKADEMI KEBIDANAN BUNGA HUSADA
Keywords: Pengetahuan;, Hubungan seks;, Kecemasan;

Abstract

Kehamilan bukan merupakan halangan untuk melakukan hubungan seks. Hubungan seks dapat dilakukan dengan aman sejak terbentuknya janin sampai dengan mulainya saat persalinan asalkan kehamilan berjalan normal. Pada kebanyakan pasangan akan timbul kecemasan karena perubahan saat istri hamil antara lain rasa takut pada keguguran sehingga suami memilih untuk menghentikan hubungan seks.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kecemasan tentang hubungan seks selama kehamilan pada suami di klinik Aminah Amin Samarinda.

Desain Penelitian desain studi korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah semua suami yang memiliki istri hamil yang datang periksa di Klinik Aminah AMin Samarinda pada bulan Februari- Maret 2018 sejumlah 37 orang suami, Teknik sampel menggunakan teknik total samplingdanpengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Kendall Tau.

Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan dengan kecemasan tentang hubungan seks selama kehamilan pada suami di dengan p-value = 0,005 < α (0,05).

Tenaga kesehatan hendaknya dapat memberikan penyuluhan kepada suami tentang hubungan seks selama kehamilan pada saat ibu melakukan pemeriksaan kehamilan dengan didampingi suami

Published
2018-09-08
Section
Articles