PENGETAHUAN DAN PARTISIPASI WANITA USIA SUBUR DALAM PROGRAM DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DI KELURAHAN GUNUNG KELUA SAMARINDA

Keywords: Pengetahuan, Partisipasi, WUS, Deteksi Dini, Kanker Serviks

Abstract

Program skrining kanker serviks di Indonesia meliputi Pap smear, pendekatan kunjungan tunggal dengan menggunakan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA Test) yang diikuti dengan cryotherapy, serta skrining dengan kolposkopi, namun hingga kini cakupan skrining masih rendah di semua wilayah dan diperparah lagi dengan kurangnya pengetahuan dasar yang dimiliki perempuan mengenai skrining sebagai kesempatan untuk pencegahan kanker serviks.

Penelitian ini bertujuan Menentukan pengetahuan dan partisipasi WUS dalam deteksi dini kanker serviks. Metode penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif analitik cross sectional. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat menggunakan SPSS Versi 22.

Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan responden sudah baik (41.3%). Namun variable deteksi dini kanker serviks menunjukkan responden yang belum melakukan deteksi dini sebanyak 68 orang (56.2%). Penghitungan bivariat menunjukkan adanya hubungan antara pengetahuan dengan deteksi dini kanker servik dengan P value 0.003.

Published
2018-09-01
Section
Articles