HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRA SEKOLAH DI SAMARINDA

  • Fatma Zulaikha
  • Hadela Meilani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: status gizi, personal sosial, anak

Abstract

Status gizi mempunyai peran yang sangat penting terhadap pembentukan perkembangan personal sosial anak. Anak pra sekolah memiliki 4 tahap perkembangan, salah satunya perkembangan personal sosial. Aspek perkembangan personal sosial berhubungan dengan kemampuan mandiri, bersosialisasi, dan berinteraksi dengan lingkungannya. Perilaku anak dipengaruhi oleh status gizi, perilaku anak dengan status gizi kurang atau lebih dapat menimbulkan adanya penurunan interaksi dengan lingkungannya dan keadaan ini dapat menunjukkan adanya perkembangan yang buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara status gizi terhadap perkembangan  personal sosial anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda. Merupakan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sebanyak 60 siswa TK Az- Zahro mengikuti penelitian ini yang terpilih melalui purposive sampling. Hasil uji Chi Square menunjukkan nilai p= 0,000 yang bermakna ada hubungan antara status gizi terhadap perkembangan personal sosial anak usia pra sekolah.

Terdapat hubungan yang bermakna antara status gizi dengan perkembangan personal sosial pada anak pra sekolah di TK Az-Zahro Samarinda.

Published
2019-02-26
Section
Articles